Blog

Dalam rangka meningkatkan Pembinaan dan kinerja PKK Kecamatan dan PKK Desa Tim Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Halmahera Tengah melaksanakan Lomba 10 Program PKK, Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Nusliku Kec. Weda berjalan Lancar. 23/11/2020

 

Sambutan Tertulis Bupati Halmahera Tengah Edi Langkara yang dibacakan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Drs Rustam Mengatakan Sebagaimana kita ketahui bersama gerakan Pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (PKK ) adalah gerakan nasional dama pembangunan masyarakat ,yang tumbuh dari bawah, yang pengelolaan dari ,oleh dan untuk masyarakat, menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, berahlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahterah , maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender, serta kesadaran hukum dan lingkungan. yang saya sebut diatas adalah program unggulan pkk yang dijabarkan dalam 10 program pokok pkk yang menyentuh semua sendi kehidupan manusia, mulai dari pokja 1, 2 ,3 dan 4.;

 

 

Kita tahu bersama, sangat banyak kegiatan yang ada di PKK yang bersentuhan langsung dengan masyarakat serta dalam peningkatan ekononi keluarga, pembinaan mental maupun spritual bagi anak-anak dan keluarga .Oleh sebab itu saya berharap kepada PKK sebagai mitra pemerintah tentunya dapat terus memberikan yang terbaik dalam peningkatan pembangunan keluarga. Karena melalui pembinaan langsung kepada  masyarakat dan keluarga desa, telah  dapat membantu pemerintah kabupaten halmahera tengah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Perwujudan pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat akan menciptakan genersasi yang cerdas dan kesejahteraan masyarakat, apabila PKK berani melakukan perubahan yang di awali dari masing -masing keluarga. Beragam persoalan yang di hadapi dari tahun ke tahun selalu berbeda, sejalan dengan perkembangan waktu. Ini merupakan tantangan tersendiri yang harus di cermati secara cepat dan tepat oleh tim penggerak PKK di semua tingkat kepengurusan.

 

Untuk itu tugas tim penggerak PKK harus di dukung oleh seluruh stakeholder, terutama SKPD terkait, pemerintah desa, kecamatan maupun masyarakat luas, dengan mengalokasikan sebagian dana untuk kegiatan / program PKK kedalam APBD maupun APBDes.

 

Tim penggerak PKK saat ini perannya sebagai motivator , fasilitator, dan penggerak sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. oleh karena itu, peran PKK selalu selaras dan sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat yang Terus meningkat. Saat ini dengan dengan adanya wabah pandemi covid 19 , maka lomba 10 program pokok PKK disesuaikan dengan kondisi yang ada, dalam artian bahwa masyarakat tetap beraktivitas seperti blasa, namun tetap menerapkan protokol Kesehatan.

Selanjutnya dengan isu Stunting yang mana kabupaten Halmahera Tengah menjadi lokus pada tahun 2021 di propinsi Maluku Utara, maka saya harapkan kegiatan pencegahan dan penanggulangan stunting menjadi perhatian serius untuk semua desa, dengan dialokasikan Dana Desa , serta bekeria sama dengan tim penggerak PKK.

 

 

Terpisah Ketua TIM PKK Halteng Amriah Edi Langkara Dapi ,dalam amanatnya  Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa lomba 10 program pokok PKK merupakan program pemerintah yang sifatnya berjenjang dan tahunan. ini berarti bahwa lomba ini selalu dilaksanakan pada setiap tahun dari mulai lomba 10 program pkk tingkat desa sampai lomba 10 program tingkat Nasional.

 

Dengan tujuan diadakan lomba ini adalah melihat secara dekat pelaksanaan 10 program pokok PKK di tingkat desa. Baik berupa program yang telah dikerjakan, permasalahan yang di hadapi, solusi pemecahan atas permasalahan tersebut, serta prestasi yang di raih selama satu tahun yang lalu,”ungkap Djamila M Asri Komdan SH saat membacakan sambutan.

 

Penilaian seperti ini, biasanya masing-masing desa berupaya menonjolkan kelebihan di bidang masing - masing, seperti administrasi, program pokja I, yakni pola asuh anak dan remaja, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang di tampilkan dengan permainan simulasi. Program pokja II dengan menyajikan aneka macam olahan dari berbagai hasil bumi dengan kemasan yang menarik serta sajian makanan bergisi berimbang sehat dan aman, yang di buat oleh kelompok UP2K.

 

 

Program Pokja III, pemanfaatan tanah dan pekarangan serta tamanan obat keluarga yang biasa kita sebut hatinya PKK, dengan program unggulan yakni kebun percontohan PKK, program pokja IV yakni pelayanan posyandu dan kader PKK. perlu saya sampai di sini bahwa penilaian lomba ini bukan untuk mencari-cari kekurangan, tapi lebih kepada upaya peningkatan kinerja PKK selaku mitra pemerintah kecamatan dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

 

Untuk itu dalam kesempatan yang berbahagia ini, saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh masyarakat Desa Nusliko Kecamatan Weda atas keikut sertaan sebagai peserta lomba 10 program pokok pkk tahun ini;

 

Selanjutnya, saat ini dunia dilanda wabah pandemi covid-19 tak terkecuali di daerah kita ini, saya mengajak kepada seluruh masyarakat agar tetap patuhi penerapan protokol kesehatan selama beraktivi’tas di luar rumah, selalu biasakan jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan di air mengalir.

 

Untuk itu melalui kegiatan lomba ini, kami rangkaikan dengan kegiatan sosialisasi tentang perilaku hidup sehat dan bersih dan sosialisasi tentang kebersihan diri dan penampilan di zaman digital saat ini informasi mudah di dapatkan bagi mereka yang mempunyai akses, akan dengan mudah merubah kebiasaan yang buruk dengan yang baik, Namun Bagi Yang Tidak Memiliki akses biasanya mereka terjebak dalam ketidaktahuan, sehingga kadang perilaku yang biasa di lakukan sehari – hari ternyata membawa resiko besar atas kesehatan dirinya;.

 

Oleh karena itu, tim kami bekerjasama dengan Dinas kesehatan akan melakukan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat Desa Nusliko.Tim penggerak PKK Kabupaten Halteng, mengadakan pengobatan gratis bagi masyarakat dan memberi bantuan kepada lansia yang berada di desa Nusliko

November 23, 2020

Bupati Edi Langkara dan Wakil Bupati Abd Rahim Odeyani Bersama Jajarannya melalukan Kunjungan kerja dan Tatap Muka didesa Loleo Kec. Weda selatan serta menghadiri acara serah terima hasil Pekerjaan Kementrian PUPR Balai Besar Wilayah Sungai ( BBWS ) Prov. Maluku Utara. Wairoro 20/11/2020

 

Sebelum kegiatan Kunjungan Kerja dan Tatapmuka, Bupati dan Wakil Bupati menghadiri acara serah terima Hasil Pekerjaan P3A/GP3A Program Percepatan Peningkatan tataguna air Irigasi di desa Wairoro yang diselenggarakan oleh Kementrian PUPR Balai Besar Wilayah Sungai ( BBWS ) Prov. Maluku Utara.

  

Pembangunan dan investasi Pemerintah Pusat  Melalui Kementrian PUPR BBWS Prov. Maluku Utara dengan Pemerintah Daerah didalam undang-undang otonomi daerah mengarahkan kepada Pemerintah Daerah untuk melalukan penyusunan kegiatan program-program kerja yang harus terkoneksi dengan program kegiatan Pemerintah Pusat.” Lanjut Bupati

 

President Jokowi Memerintahkan Kepada Pemerintah Daerah untuk membangun masyarakat Petani seperti dengan membangun Lahan sawahnya, perkebunannya, bibit, Peningkatan SDM petani, Infrastruktur Jalantani, transportasi/alat tani serta telekomunikasi, semua program pemerintah pusat sudah dilaksanakan oleh pemerintah Daerah selama tiga Tahun ini telah memberikan atensi-atensi rill pada sektor transmigrasi.” Kata bupati

 

Bupati Berharap kepada pemerintah Pusat melalui Balai Besar Wilayah Sungai ( BBWS ) prov. Maluku Utara agar bisa mendorong program-program pembangunan saluran/Jaringan air seperti ini dinaikan lagi pada tahun depan untuk memudahkan para petani mendapatkan distribusi air yang baik pada wilayah transmigrasi .

 

Pada hari yang sama Bupati dan Wakil Bupati melakukan Kunjungan Kerja dan Tatamuka Bersama masyarakat Desa Loleo Kec. Weda selatan. 

Dalam sambutannya Wakil Bupati Menyampaikan Terima Kasih kepada  masyarakat yang telah mempertemukan Pemerintah Daerah dengan masyarakat memalui Kegiatan tatapmuka ini untuk membicarakan tentang pembangunan terutama pembangunan masjid At Takwa desa Loleo, dan juga Masalah Sosial serta Kepentingan-Kepentingan  Masyarakat.

 

Wakil bupati mengajak kepada masyarakat untuk Bersatu membantu, mengawal pembangunan masjid At Takwa ini agar dapat di gunakan pada Ramadhan tahun depan.

 

Perjalanan Tiga tahun Elang-Rahim untuk menyatukan Masyarakat Halmahera tengah ini tampa memandang perbedaan baik itu politik, suka ras dan agama. Tidak boleh memilih cara-cara politik yang diskriminasi, tidak boleh mengunakan cara-cara pemerintahan yang pilih kasih, Elang-Rahim berkeinginan untuk semua rakyat halteng agar duduk sama rendah berdiri sama tinggi . Lanjut Rahim

 

Jalan Hotmix yang telah selesai dikerjakan serta telekomunikasi yang akan segera dibangun untuk melayani Konektivitas kebutuhan masyarakat Elang_ Rahim telah menjawab.” tutup

 

 

November 21, 2020

Bupati Edi Langkara, Wakil Bupati Abd. Rahim Odeyani, Sekretaris Daerah Halmahera Tengah Yanto M. Asri beserta jajarannya menghadiri upacara Pereamian Kodim dan Pelantikan Komandan Kodim 1512/Weda di Lapangan Upacara Kantor Kodim 1512/Weda kilometer 3  kecamatan Weda. Selasa (17/112020)

Upacara Peresmian Kodim 1512/Weda dan Pelantikan Komandan Kodim berlangsung hikmad, yang  bertindak selaku inspektur upacara Pangdam XVl/ Pattimura Mayjen TNI Agus Rohman sekaligus melantik Dandim pertama 1512/Weda Letkol Arm Budi Satria S.H.

 

Pangdam XVI/Ptm mengucapkan selamat  atas peresmian kodim 1512/Weda dan menyampaikan Terima kasih kepada Danrem 152/Babullah beserta jajarannya dan Pemerintah Daerah Halmahera Tengah yang telah bekerjasama dengan baik dalam menyiapkan dan membangun Kodim 1512/Weda.

"Peresmian Kodim 1512/Weda yang kita laksanakan hari ini, menandai bertambahnya penggelaran kekuatan pertahanan di wilayah Kodam XVI/Pattimura yang merupakan kebutuhan dalam penyusunan strategis pertahanan aspek darat melalui berbagai pertimbangan dan evaluasi yang mendalam serta pengkajian secara cermat dan seksama terhadap berbagai aspek serta faktor yang mempengaruhi berbagai perkembangan lingkungan strategis yang dinamis, guna penataan organisasi di Lingkungan TNI Angkatan Darat dalam menjaga kedaulatan wilayah Republik Indonesia,”kata Agus Rohman

Pangdam juga mengungkapkan bahwa Kehadiran Kodim 1512/Weda juga merupakan realisasi keinginan dan harapan masyarakat dan Pemerintah Daerah yang telah direstui oleh seluruh rakyat dan segenap komponen bangsa serta pemerintah sebagai salah satu bukti kepercayaan masyarakat terhadap TNI Angkatan Darat khususnya Kodam XVl/Pattimura.

Disela-sela acara Bupati Halmahera Tengah memberikan penghargaan kepada Koramil 1505-02 Weda Kapten Inf. Andy Purwanto atas dedikasinya dan partisipasinya yang telah diberikan kepada masyarakat dan Pemerintah Daerah Halmahera Tengah.

Turut hadir dalam upacara peresmian dan pelantikan yaitu Pejabat Kodam XVI/Ptm,  jajaran Korem 152/ Babullah, para Dandim , FKPD Halteng, tokoh agama, tokoh masyarakat, OKP, Perwakilan PT IWIP serta masyarakat di wilayah Kecamatan Weda.

November 17, 2020

Bupati Halmahera Tengah Edi Langkara Menghadiri Acara Peletakan Batu Pertama Pembangunan  Gedung SMAK Makedona di Lelilef Sawai. Senin 16/11/2020.

  

Berdasarkan ketentuan perundang-undangan untuk Sekolah menengah tingkat atas kewenangannya adalah Provinsi, tapi pemerintah kabupaten tetap melakukan supervisi kepada sekolah-sekolah tingkat atas karna berkaitan Langsung dengan urusan pelayanan Pendidikan pada masyarakat lebih khususnya kepada anak-anak didik didaerah Kabupaten Halmahera Tengah.

 

“ Kemajuan Suatu daerah bersumber pada pendidikan karna itu ada komunitas dan masyarakat sekarang ini yang lagi giat-giat untuk membangun Pendidikan, Pemerintah daerah  tidak tinggal diam akan berpartisipasi membantu yayasan dengan Kebijakan – kebijakan dari pemerintah daerah seperti Ruang Belajar yang nantinya akan di hibahkan kepada Yayasan.” Ucap Edi Langkara

 

Untuk seluruh masyarakat lingkar tambang dengan adanya investasi yang cukup besar ini memberikan dampak perputaran ekonomi yang baik mari kita jaga stabilitas keamanan dengan tidak terprofokasi dengan informasi tidak baik sehingga kita tidak akan berhadapan dengan hukum.

 

Laporan panitia Dana yang terkumpul Rp. 150.000.000,- yang merupakan sumbangan dari pihak Yayasan Majukan Anak Sawai, ada pula Bantuan material yang telah diberikan Oleh PT.IWIP untuk pembanguan Gedung SMAK Makedona” Andreas

 

Pada waktu yang berbeda Bupati juga melakukan Tatap muka dengan masyarakat Desa Lukulamo dengan mendengarkan Aspirasi masyarakat, Pemerintah daerah akan membangun Jambang Keluarga, bantuan Pembangunan Rumah warga dan Penataan Tepian  aliran Sungai untuk pencegahan terhadap banjir.

 

Bupati Berharap Semoga Pembangunan SMAK Makedona ini bisa berjalan dengan lancar tampa ada hambatan sehingga bisa bermanfaat untuk gernerasi dan masyarakat lingkar tambang.:tutup

November 16, 2020

Bupati Edi Langkara  dan wakil Bupati Abd. Rahim Odeyani bersama Jajarannya  menghadiri acara peringatan maulid Nabi muhammad SAW 1442 H  yang bertempat di Mesjid Nurul Haq  kota weda. Minggu Malam ( 14/11/2020 ).

 

Tema Maulid Nabi muhammad saw ini adalah " dengan hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW kita tingkatkan imam dan takwa kepada allah swt " .

 

Perasaan senang dan bahagia tentunya dalam rangka Maulid Nabi ini dapat  memupuk rasa persaudaraan dan silahturahmi kita baik warga masyarakat dan  pemerintah daerah  serta memperteguh keimanan dan takwa kita kepada Allah SWT, ucapnya

 

Bupati mengapresiasi dan menyampaikan rasa terima kasih kepada pengelola mesjid, pimpinan Mesjid serta Majelis Taklim Nurul Haq yang telah memprakarsai kegiatan maulid Nabi Muhammad SAW pada malah hari ini.

 

peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW harus dijadikan momentum untuk mengamalkan seluruh ajaran dan meneladani akhlak Rasulullah sekaligus sebagai momentum untuk berintrospeksi diri.

 

Sebagai pemimpin di daerah ini tentu merupakan sebuah upaya kegiatan yang dapat di apresiasi karna dengan acara ini dapat memperkuat silahturahmi antara sesama masyarakat umat islam didaerah ini.

 

Acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW juga diisi dengan syair-syair Memuji Rasullullah SAW, dan Tausiah.

 

November 15, 2020

Bupati Halmahera Tengah Edi Langkara bersama Direktur PT. IWIP Mr. Kevin He melakukan peletakan batu pertama pembangunan 6 (enam) unit pavilium di RSUD Weda. Kamis sore (12/11/2020)

 

Pembangunan 6 pavilium ini,  merupakan Program Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Indonesia Wedabay Industrial Park (IWIP) senilai 3 Milyar Rupiah yang telah dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) pada tanggal 31 Oktober lalu bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Kabupaten Halmahera Tengah.

 

Bupati Halmahera Tengah memberikan apresiasi kepada PT.IWIP atas perhatian dalam  pembangunan  daerah Halmahera Tengah khusus yang menyangkut pembangunam Rumah Sakit Weda.

 

"Hari ini berdasarkan kerjasama bidang CSR di IWP selama 2 tahun beroperasi tapi Pemerintah sudah mendapatkan 3 milyar dengan harapan kami ingin karyawan IWIP bisa berobat di sini, jangan berobat di China lagi" ungkap Edi Langkara

 

"Rakyat Halteng dan pemerintah daerah berterima kasih karena satu-satunya perusahaan didaerah ini yang memberikan atensinya yaitu IWIP" lanjut Bupati

 

Sementara Mr. Kevin He menyampaikan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati serta seluruh masyarakat Halmahera Tengah yang telah memberikan dukungannya kepada perusahaan (PT. IWIP) selama 2 tahun beraktifitas di Halmahera Tengah

 

"Sebuah Kabupaten dengan pendidikan dan Peralatan medis yang baik dapat memberikan pelayanan yang baik untuk masyarakat Kabupaten" kata Kevin He

 

"Terima kasih juga kepada Bupati dan Wakil Bupati yang memberikan kesempatan kepada kami untuk berkontribusi kepada Kabupaten, dan saya berharap semoga karyawan PT. IWIP yang membutuhkan perawatan medis dari Kabupaten tidak perlu lagi sampai ke Ternate tapi sudah bisa di RSUD Weda" tutup Mr. Kevin He.

Ditempat yang sama juga dilaksanakan penandatangan kontrak kerja antara Direktur PT. IWIP dengan pihak perusahaan yang akan membangun 6 paviliun tersebut.

 

Hadir dalam kegiatan asisten, staf ahli, pimpinan OPD serta karyawan RSUD Weda.

(Prokompim)

November 12, 2020

Bupati Edi Langkara dan Wakil Bupati Halmahera Tengah Abd. Rahim Odeyani bersama Jajarannya mengikuti Rapat koordinasi pemberantasan korupsi Pemerintah Daerah se Propinsi Maluku Utara dengan Korwil I Komisi Pemberantasan Korupsi RI secara virtual di ruang rapat Bupati. Kamis(12/11/2020)

 

Rapat Koordinasi ini dilakukan dalam rangka pelaksanaan Pemberantasan Korupsi Terintegrasi tahun 2020 di Provinsi Maluku Utara, dengan tetap melakukan pengawalan terhadap 8 area intervensi antara lain: Perencanaan dan Penganggaran APBD, Pengadaan Barang dan Jasa, Pelayanan Terpadu Satu Pintu, APIP, Manajemen ASN, Optimalisasi Pajak Daerah, Manajemen Aset Daerah dan Tata Kelola Dana Desa.

 

Dalam Vidcon juga dilakukan penandatangan MoU integrasi KSWPD dan Optimalisasi PAD oleh Gubernur Maluku Utara dengan Bupati serta penandantangan MoU dan PKS terkait implementawi tax online system antara Bupati dengan Direktur Utama Bank Maluku Malut.

November 12, 2020

Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO)  Kabupaten Halmahera Tengah Drs. Edi Langkara, MH melantik Majelis Pimpinan Cabang (MPC) Pemuda Pancasila (PP) Kabupaten Halmahera Tengah masa bakti 2020-2024 yang berlangsung di aula kantor Bupati Halmahera Tengah ( 10/11/2020 )

 

Juardi Salasa dilantik sebagai Ketua dan akan memimpin MPC PP Kabupaten Halteng selama 4 (empat) tahun kedepan.

 

Pada kesempatan itu MPO Kab. Halmahera Edi Langkara yang juga menjabat sebagai Bupati Halmahera Tengah dalam sambutannya menyatakan bahwa Pemuda Pancasila merupakan garda terdepan, dan juga sebagai pilar demokrasi, pilar pembangunan, dan juga sebagai obyek dan subyek pembangunan.

 

Selain itu Bupati Edi Langkara berharap kepada Pemuda Pancasila agar terus melakukan komunikasi dengan eksponen organisasi pemuda lainnya

 

"Jangan selesai pelantikan, kegiatan tidak jalan tetapi PP harus melakukan komunikasi dan bekerjasama dengan Pemda dan organisasi lainnya seperti KNPI, GP Ansor, Pemuda Muhammadiyah, AMPI dan yang lainnya.

 

 

Bupati juga mengungkapkan bahwa Pemda siap dikritik karena sisi lemah pemerintah masih banyak. Untuk itu  selain kerjasama dengan organisasi pemuda lainnya, PP juga harus memiliki gagasan cerdas dan memberi masukan atas proses pembangunan. Lanjutnya

 

Sementara M.Rizal A. Fatah selaku ketua Panitia melaporkan bahwa kegiatan pelantikan dan raker ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memenuhi program yang merupakan amanat AD/ARTdan peraturan organisasi serta terselenggaranya kegiatan program keorganisasian dengan hasil yang baik.

 

Kegiatan dengan tema pertegas integritas pemuda dalam bingkai Fagogoru turut dihadiri Sekretaris Daerah Yanto M. Asri, asisten, staf ahli, pejabat esselon II, III dan IV, serra organisasi kepemudaan lainnya.

November 11, 2020

Bupati Edi Langkara menjadi pembina upacara pada peringatan Hari Pahlawan ke 75 tahun 2020 yang bertempat di halaman kantor Bupati. Selasa (10/11/2020).

Dalam amanatnya, Bupati menyatakan bahwa semangat hari pahlawan tahun 2020 harus diarahkan pada upaya membangun kesadaran dan ingatan kolektif seluruh anak bangsa tentang perjuangan dan semangat rela berkorban yang digelorakan oleh para pahlawan.

"Peringatan hari pahlawan ke 75 tahun 2020 mengambil tema Pahlawanku Sepanjang Masa, makna dari tema tersebut adalah Hero is never die (pahlawan tak pernah mati)" kata Edi Langkara

Dihadapan kepada para peserta upacara Bupati mengajak semua terutama generasi muda Halmahera Tengah untuk sejenak merefleksikan sebuah peristiwa sejarah tahun 1941 yang berlangsung di negeri ini. Refleksi atas peristiwa.ini merupakan hegemoni suku bangsa tertentu tetapi hasil dari tetes keringat dan darah seluruh rakyat Indonesia termasuk tokoh-tokoh yang ada di wilayah Maluku utara dan khususnya di Halmahera Tengah.

Pada upacara peringatan hari pahlawan yang bertindak selaku komandan upacara Pelda Franky dari Satgaster Halmahera Tengah, perwira upacara Kepala Dinas PMD Drd. Rustam, M.Si, pembaca pembukaan UUD 1945 Sry Sulastri Yaman dari Dinas lingkungan hidup, pembaca riwayat Hi. salahudin Talabuddin Salmun Saha kepala Dinas Sosial dan penggerek bendera dari Paskibra Halmahera Tengah.

Turut hadir dalam upacara; Forkopimda, beserta Ibu, anggota DPRD, ketua TP PKK, asisten, staf ahli, pimpinan OPD, OKP dan pejabat esselon III dan IV.

Sementara peserta upacara terdiri dari TNI dan Polri masing-masing 1 pleton, Satpol PP, ASN dan para pelajar SLTA/sederajat.

November 10, 2020

Perayaan Hari Ulang Tahun ( HUT ke 30 ) kabupaten Halmahera Tengah, Pemda Halteng mengadakan Upacara secara sederhana dengan Mematuhi Protokoler Kesehatan Covid – 19, Tema dalam HUT Kabupaten kali ini adalah “KITA FAGOGORU”. Upacara bertempat dipendopo falcino Weda pada Sabtu (31/10/2020 )

  

Bupati dalam sambutannya Momen Hari Ulan Tahun yang ke 30 ini Pelaksanaannya dirasakan berbeda dengan tahun tahun sebelumnya sebab saat ini dinegara kita, didaerah kita dilanda wabah covid19 yang tidak hanya berdampak pada Kesehatan saja tapi berdampak juga pada Sektor Ekonomi, Sosial Budaya dan pada sektor-sektor lainnya.

Karena itu untuk mengantisipasi dampak tersebut pemerintah Kabupaten Halmahera tengah mengambil Langkah-langkah Kebijakan penanganan dan pencegahan bidang Kesehatan bidang sosial, penguatan Ekonomi melalui dinas-dinas terkait dalam lingkup Pemerintah Daerah Halmahera Tengah.

Karena itu pula melalui peringatan HUT yang ke-30 ini saya mengajak kita semua untuk melakukan intropeksi dengan lebih mendekatkan diri Kepada Allah SWT seraya berdoa dan  senantiasa mematuhi arahan pemerintah pusat terkait dengan wabah penyaikit covid19, kita harapkan agar segera berakhir dan kita semua bisa beraktifitas sebagimana biasa.

 

Hari ini tanggal 31 Oktober 2020 pada tiga puluh tahun yang silam daerah ini resmi berdiri dengan ibu kota di soasio pada waktu itu,  dan hari ini kita menyasikan suasana baru penyelenggaraan pemerintah daerah Halmahera tengah di pusatkan di ibukota weda Halmahera tengah, kita Bersama sama mengrefleksikan Kembali perubahan dan peradaban negeri fagogoru dengan seraya memastikan agar tidak ada kelompok masyarakat  yang terabaikan dalam proses pelayanan pembangunan, karna itu tema dalam HUT Kabupaten Tahun ini adalah “ KITA FAGOGORU “ tema tersebut merupakan sebuah filosofih sosial budaya masyarakat Weda, patani dan Gebe, Ngaku Rasai Budi Re Bahasa Sopan Hormat yang menjadi pilar terpenting dan bagian yang tidak terpisakan dalam derap Langkah kehidupan masyarakat halmahera tengah Fagogoru, Fagogoru tidak sekedar menjadi symbol dan narasi belaka melainkan kultur filosofi sosialogis dan historis dan memeiliki nilai spirit perjuangan yang perlu diaplikasikan pada setiap orang untuk membangun Keseteraan  dan keadilan menuju Halmahera tengah yang sejahtera.

 

Pada Pelantikan Elang _Rahim tanggal 23 Desember 2017, sejak itu pula bahwa kami menegaskan kepemimpinan Elang Rahim akan melaksanakan tuga-tugas Pemerintahan tampa Perbedaan atau dengan kata lain membangun halmahera Tengah tampa pilih Kasih, hal ini penting kami tegaskan disini mengingat sejumlah kasus di pemerintahan dibeberapa daerah bahkan pada pemerintahan kita sebelumnya yang membangun dan atau melaksanakan tugas-tugas pemerintahan dengan bertumpuk faksi-faksi politik lokal melayani masyarakat dengan pilih kasih, Membangun Masyarkat desa dengan dasar pada kemenangan partai politik tertentu, sesungguhnya secara sadar mereka telah melanggar sumpah jabatan, mendistrosi Pembangunan, Mendistrosi Kesetaraan dan keadilan, keadilan yang menjadi cita-cita politik negara sungguh tercabik-cabik, janji-janji luhur yang telah kita bersumpah di hadapan rakyat menjadi sirna, masyarkat hilang semua harapan, masyarakat menjadi kehilangan arah, semangat persatuan dan persaudaran hilang dalam perjalanan Kekuasaan dilorong-lorong kegelapan, arah kompas pembangunan terbelokan oleh keangkuhan kekuasaan dan kesombongan, sikap absolutisme kekuasaan sungguh telah mengabaikan dimensi-dimensi sosial kita, rasa kasih sayang kita menjadi hilang, rasa hormat kita menjadi sirna. Belajar dari Empirik itulah Pemerintah Halmahera tengah dibawa pimpinan Elang Rahim kami bersumpah untuk mengubur secara dalam-dalam rasa benci yang tiada akhir,  kesenjangan pembangunan dan prilaku dendam politik yang sesungguhnya tidak memberi edukasi kepada masyarakat kita.

 

Hari ini tanggal 31 Oktober 2020, usia pemerintahan mencapai 30 tahun, meskipun secara defakto pemerintahan didaerah ini melaksanakan fungsi pelayanan di ibu kota weda baru ( 15 Tahun ) dengan agenda kita hari ini tema “KITA FAGOGORU “  tema sederhana ini sekaligus untuk menegaskan bahwa spirit  kehidupan masyarkat kita harus selalu dalam dimensi nilai-nilai fagogoru kita bersandar pada etika dan moral yang telah tumbuh selamanya. Pemerintah dan rakyat ibarat sisi mata uang yang saling mengikat dan tak bisa dilepaskan satu dengan lainnya masyarakat gebe weda patani secara historis dan kultular adalah masyakat yang bersaudara Fagogoru mengajarkan kita untuk saling mengenal kasih dan sayang, para leluhur telah mengajarkan kita untuk saling menghormati, mengasihi, etika dan  fagogoru mengajarkan kita untuk mampu membangun solidaritas antar sesama baik sesama anak negeri weda patani gebe maupun mereka yang telah hidup dan telah menjadi bagian yang tak terpisahkan pengabdiannya di negeri tercinta ini.

 

Pemerintah Elang Rahim bertekat untuk bersungguh-sungguh mengusun falsafah fagogoru sebagai pilar pembangunan kami, kami menyatakan bahwa kami membangun daerah  ini dengan landasan kasih sayang, kami membangun masyarakat tampa perbedaan berpijak pada lima demensi pembangunan yakni :

1. Birokrasi yang bersih, professional dan melayani,

2. Infrastruktur dasar dan konektivitas wilayah

3. Mengembangkan sumber daya Alam dan Iklim investasi yang nyaman

4. Pendidikan dan Kesehatan yang merata dan bermutu

5. Budaya hukun dan HAM dalam bingkai Fagogoru.

 

Hari ini tiga tahun pemerintah elang Rahim yang sebagimana telah kita saksikan secuil keberhasilan yang telah kami torehkan dan kami sadar banyak hal yang belum kami torehkan untuk memenuhi harapan masyarakat.

Dengan momentum HUT halteng yang ke 30 ini kami menyampaikan permohonan  maaf yang sebesar-besarnya kepada masyarakat halteng karna usia 3 tahun tentu banyak kebijakan yang belum tuntas kami kerjakan, namun kami sampaikan bahwa seluruh rumusan kebijakan dalam RPJMD maupun kebijakan tahunan dalam APBD akan kami tuntaskan pada sisa masa dua tahun kedepan.

 

Dipulau gebe jalan Hotmix sudah merata di Kampung- Kampung, wilayah patani bahkan sakam masyarkat juga sudah menikmati jalan Hotmix seperti di ibu kota weda, di weda selata kita sudah menyaksikan jalan HOtmix, selain jalan nasional tugas pemerintah pusat juga tugas pemerintah daerah kita melingkari Kawasan itu dan juga masyarakat telah menikmati, diweda tengah sementara kita berbenah, bahkan weda utara dan weda timur dan masyarakat telah menikmati 4G telekomunikasi, kebulatan tekat elang Rahim untuk melakukan ini semuannya. Tahun ini juga masyarkat patani dan pulau gebe telah kami canangkan telekomunikasi 4G untuk menjadi bagian tak terpisakan dari pembangunan saat ini kita lakukan, kita ingin masyakat halteng dibawa pimpinan Elang Rahim Dengan Memohon Ridho Allah SWT agar masyarakat ini berdiri sama tinggi duduk sama rendah berat sama dipikul ringan sama di jinjing semoga allah SWT meridoi kita semua.

 

Hanya doa dan harapan agar kita semua tergolong orang-orang yang sabar seraya berdoa agar masyarakat Halteng dari weda selatan, weda utara, Kota weda weda utara weda timur, pulau gebe, patani, patani utara, patani barat patani timur kami mencintai semuanya segumpal harapan kami titipkan, jalan mulai terbuka telekomunikasi mulai terbuka, kami terima anak-anak negeri untuk bekerja di pemerintahan dimana kesulitan saat ini, pemerintah pusat menerima Pegawai negeri dengan terbatas kami menerima 1400 orang tenaga PTT dalam rangka menaikan derajat masyarkat halteng, seraya berdoa agar masyarakat halteng diberikan kelapangan hati, mudahkan rezekinya, ringankan beban hidupnya, selamatkan mereka dari semua marabahaya, jauhkan masyarakat halteng dari bencana yang tak terduga sejahterahkan mereka ya allah, timpahkanlah segala kesusahan dan kesulitan masyarakat kepada saya selaku pimpinan, sayangilah mereka angkatlah derajatnya sembuhkanlah mereka yang sedang sakit dan cukupkanlah segala kebutuhan mereka. Ya allah mudahkanlah segala harapan pemerintah dan masyarakat halteng agar kami dapat nenuai semua harapan masyarakat. 

 

 Dirgahayu Negeriku, Dirgahayu Bumi Fagogoru, Kita Fagogoru………

November 03, 2020
Halaman 1 dari 19