Pemda Halteng Siapkan 100 Hektar Jagung manis

Desember 01, 2019

Bupati dan wakil Bupati menghadiri acara Penanaman perdana bibit jagung manis di desa woejerana di kecamatan weda tengah.

 

Dalam sambutanya atas nama Pemerintah Daerah merencanakan lahan 100 hektar penanaman jagung Manis. Pemerintah juga menyediakan Alat-alat pertanian untuk membantu warga membersikan lahan  . (30/11/19). 

 

Kebutuhan Jagung Nasional oleh pemerintah pusat menetapkan 33 Juta ton pertahun, pada tahun 2018/2019 baru terpenuhi 30 Juta ton, jadi belum mencapai target oleh pemerintah pusat. Melalui program penanaman jagung  pemerintah daerah  akan melaporkan kegiatan penanaman jagung terbesar di kabupaten Halmahera tengah bahkan dimaluku utara dengan target 100 Hektar menjadi laporan kepada pemeritah pusat.

 

Soal Pasar bupati memberikan motivasi kepada masyarakat, dimana akses penjualan hasil jagung selain konsumsi masyarakat secara regular di setiap hari, hasil jagung bisa di pasarkan pada perusahan-perusahan tambang, dan juga bisa dipasarkan di daerah tetangga, tidore kepulauan, di Kepulauan Halmahera,Pulau Gebe dan Sorong, "ini yang harus kita bangun satu skema penanaman kemudian perawatan produksi kemudian dan bagaimana kita membangun akses petani juga memiliki pasar sehingga ada kepastian apa bila dia bekerja, menanam satu kelak  untuk meningkatkan perekonomian yang lebih baik sesuai dengan harapan kita bersama," harap Bupati.

 

Kepada petani di Tiga Desa Bupati Edi Langkara mengharapkan bisa mendukung program pemerintah ini supaya berdampak langsung kepada masyarakat setempat , oleh karena itu Bupati mengajak peluang ini, bibit jagung dikasih tampa di pungut biaya dan apabila petani mempunyai lahan untuk menanam jagung bisa melaporkan ke dinas pertanian melalui kepala desa agar bisa digarap secara bersama-sama.

 

Sementara Kepala Dinas Pertanian Pemkab Halteng Ismail Sangadji dalam sambutannya menyampaikan bahwa Penanaman Perdana Jagung Manis yang dipusatkan di desa Woejerana Kecamatan Weda Tengah ini dalam rangka peningkatan kesejahteraan Petani. Untuk itu, diharapkan dapat dikembangkan dengan baik untuk kesejahteraan petani,” ucapnya.

 

Turut hadir Dalam pelaksanaan penanaman jagung manis tersebut pimpinan DPRD Kabir Hi. Kahar, Hayun Maneke, Sekretaris Daerah Saiful Samad, pimpinan OPD, dan warga masyarakat tiga desa yakni Woekob, Woejerana dan Kulo Jaya.

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.