Singkronisasi program dan kegiatan Pemda Halteng dengan program dan Kegiatan CSR tahun anggaran 2020

Januari 23, 2020

Tim koordinasi Corporate Sosial Responsibility (CSR) Pemerintah Daerah Kab.Halmahera Tengah melakukan rapat dengan beberapa Perseroan Terbatas dibidang pertambangan dan BUMN dibidang perbankan yg berada di wilayah kab.Halmahera Tengah.

Rapat yang berlangsung di Ruang Rapat Bupati lantai II kantor Bupati Halteng. Rabu ( 22/1/2020) dipimpin langsung Wakil Bupati Halteng Abd. Rahim Odeyani dan didampingi Sekda Halteng Yanto M. Asri, staf ahli dan Asisten Bidang Ekonomi dan Keuangan Basri Botutu.

Wakil Bupati Abd. Rahim Odeyani selaku Ketua Tim koordinasi CSR Pemda Halteng dalam arahannya menjelaskan bahwa sesuai dgn amanat peraturan perundangan maka setiap perusahaan terbatas  baik dibidang pertambangan maupun dibidang perbankan wajib hukumnya melaksanakan program Corporate Social.

Responsibility (CSR) bagi masyarakat & wilayah yg terkena dampak atas kegiatan eksploitasi dari perusahaan tsb. Selama ini program CSR yg dilakukan oleh setiap perusahaan msh blm terlalu fokus & belum terarah sesuai dgn kebutuhan masyarakst, sehingga rapat/pertemuan ini menjadi penting dalam rangka mendiskusikan program & kegiatan yg akan dilakukan oleh para pelaku usaha tsb. sebagai daerah yg memiliki basis pertambangan & dijadikan sbg daerah industri oleh Pemerintah Pusat melalui Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional ( RPJMN) tahun 2020 - 2024, tentu pemda Halmahera Tengah berkewajiban utk menyampaikan kepada seluruh pelaku usaha agar wajib menerapkan program CSR melalui konsep blue print (cetak biru) tahunan sesuai dgn RPJMD & RKPD yg telah ditetapkan sehingga  terarah & menyentuh kebutuhan mengarah pada kesejahteraan masyarakat.

Turut hadir dalam rapat; Dinas PUPR , Dinas Pertanian , Dinas Kominfosandi . Dinas Perkim dan Dinas Kesehatan Halteng.

Menurut Perwakilan PT. Tekindo Energi Syamsudin. DJ bahwa tanggung jawab hukum dan sosial, itu menjadi tanggung jawab perusahaan sebagimana amanat peraturan perundang- undangan yg berlaku. Sehingga PT. Tekindo Energi sebelumnya telah melaksanakan program CSR berupa Bantuan mobil Ambulance dan pembangunan jalan di wilayah Weda tengah. "Untuk itu PT. Tekindo energi menyambut baik program dan kegiatan yg diusulkan oleh pemerintah Daerah Halteng agar dapat disingkronkan dengan program CSR" kata Syamsuddin DJ

Sementara PT IWIP yg diwakili Yudhi S. Menyampaikan masih akan melakukan rapat internal, sehingga belum memberikan kepastian terkait program kegiatan yg di usulkan oleh Pemda Halteng.

Dalam rapat hadir pula perwakilan dari BUMN yakni Bank BRI unit Weda diwakili Yulinar St.Muda, Bank Mandiri Weda Jamil Jabu, BNI unit Weda Abdul Hamid dan Bank BPD Maluku/Malut M. Fadry Afifuddin. Semua perwakilan BUMN pada dasarnya setuju dengan program dan kegiatan yg ditawarkan oleh Pemda, sehingga usulan program dan kegiatan dari Pemda akan ditindaklanjuti ke pimpinan pusat masing2 BUMN yg ada.

Hasil rapat yang disampaikan oleh Sekretaris Tim kordinasi CSR Pemda Halteng Drs. Abdurrahim Yau yang juga Kepala Dinas Pendapatan Daerah sebagai berikut:

1. Bahwa Pemda Halteng melalui instansi terkait akan segera menyampaikan Rencana Anggaran Biaya (RAB) ke pihak perusahaan dan BUMN untuk ditindaklanjuti melalui program dan kegiatan CSR;

2. Singkronisasi program dan kegiatan Pemda Halteng dengan program dan kegiatan CSR pada dasarnya diperuntukkan untuk kebutuhan masyarakat;

3 Melalui program dan kegiatan CSR dan program dan kegiatan Pemda Halteng di bidang infrastruktur dan ekonomi masyarakat yg berjalan secara sinergis akan mempercepat tumbuhnya kawasan-kawasan ekonomi baru dan mempercepat arus manusia dan barang.

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.