Wabup Hadiri Rapat Paripurna penyampaian 5 buah Ranperda

Februari 03, 2020

Wakil Bupati Halmahera Tengah Abd. Rahim Odeyani, SH., MH menghadiri Rapat paripurna ke 4 masa persidangan II tahun 2020 DPRD dengan acara penyampaian 5 buah rancangan peraturan daerah usulan dari Pemerintah Daerah.
Adapun Ranperda dimaksud adalah Ranperda tentang Perubahan kedua atas Perda Nomor 13 tahun 2016 tentang Pembentukan dan susunan Perangkat Daerah Kabupaten Halmahera Tengah, Rancangan Perda tentang Pengelolaan Barang Milik Daerah, Ranperda tentang Retribusi Terminal, Ranperda tentang Retribusi Pelayanan parkir di tepi jalan umum, dan Ranperda tentang Pemberdayaan nelayan kecil dan Pembudidayaan ikan kecil.


Wakil Bupati Halmahera Tengah dalam sambutannya menyampaikan bahwa Rancangan perda ini merupakan bagian dari kewenangan Pemerintah Daerah dalam menetapkan produk hukum daerah, sebagaimana telah diamanatkan dalam pasal 18 ayat (6) Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang menyebutkan bahwa pemerintahan daerah berhak menetapkan peraturan daerah dan peraturan lainnya untuk melaksanakan otonomi daerah dan tugas pembantuan. "Selain itu penyampaian rancangan Perda ini juga merupakan manifestasi kewenangan pemerintah daerah sebagaimana ketentuan pasal 236 ayat (1) Undang-undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan daerah yang menyebutkan bahwa untuk penyelenggaraan otonomi daerah dan tugas pembantuan daerah membentuk Perda" Kata  Abd. Rahim Odeyani


Disela-sela acara Wakil Bupati menyerahkan Ranperda Kepada Wakil Ketua DPRD Kabir Hi. Kahar yang juga memimpin Rapat Paripurna.
Hadir dalam Rapat paripurna FKPD Kab. Halmahera Tengah, Sekretaris Daerah, Staf ahli, Asisten, Pimpinan OPD serta pejabat esselon III dan IV di setiap OPD.

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.