Diduga lakukan pencemaran Pemda undang PT. IWIP

Februari 07, 2020

PT. Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) diundang oleh Pemerintah Daerah Halmahera Tengah dalam rapat terkait dengan permasalahan dugaan Pencemaran Lingkungan yang terjadi di sungai Trans Kobe Desa Lelilef Kec. Weda Tengah.

Rapat yang berlangsung di ruang rapat Bupati dipimpin oleh Wakil Bupati Halmahera Tengah Abd. Rahim Odeyani serta dihadiri perwakilan dari PT. IWIP dan OPD terkait. Jumat (7/2/2020).

Pemda Halteng dengan PT. IWIP duduk bersama membahas dugaan terjadinya pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh kegiatan pembangunan water intek PT. IWIP di daerah transmigrasi Kobe yang mengakibatkan tercemarnya sungai Trans Kobe.

Dalam rapat tersebut menghasilkan beberapa point penting antara lain ;

1. Kegiatan water intake dihentikan utk sementara sampai adanya kejelasan kerjasama pengelolaan air bersih & skema kerja sama lainnya dengan Pemda.

2. Pembangunan water intake harus mematuhi aturan yg berlaku, baik regulasi maupun SOP. Berkaitan dengan itu dimintakan utk menyampaikan perizinan water intake ke pemda.

3. Pemda mendukung investasi daerah, untuk itu kepada PT IWIP agar lebih meningkatkan koordinasi & komunikasi dengan pihak Pemda.

Sementara dari pihak PT. IWIP yang dihadiri oleh Risky dan Yovi akan mengikuti apa yang menjadi hasil keputusan rapat namun tetap akan melakukan koordinasi dengan pihak Manajemen pusat PT. IWIP.


Turut hadir dalam rapat Sekretaris Daerah Yanto M. Asri, staf Ahli, asisten, kepala DLH, kepala Dispenda, kepala Bapelitbanda, kepala Dinas PTSP dan PM, serta kepala Bagian Hukum dan HAM. ( HumasPro)

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.