Sekda buka Diklat Pengelolaan dan Penataan Kearsipan

Februari 21, 2020

Pemerintah Daerah Halmahera Tengah melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan Penataan Pembinaan Kearsipan Aparat Desa. Jumat (21/02/2020).

Kegiatan yang dibuka oleh Sekretaris Daerah Yanto M. Asri mewakili Bupati Halmahera Tengah berlangsung di Aula Weda Puri Desa Fidi Jaya Kec. Weda dengan tema Mewujudkan Pengelolaan Arsip Desa yang Tertib, Handal dan Inovatif.

Dalam sambutan tertulis Bupati Halmahera Tengah yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah memaparkan tentang pentingnya arsip dalam penyelenggaraan pemerintah. Bahkan bisa menjadi tolak ukur keberhasilan pemerintah dengan arsip yang tertib, baik dan tersusun rapi tentu menjadi sebuah prasyarat penting, selain itu arsip sebagai tulang punggung pemerintahan pembangunan dan bahan pertanggungjawaban kinerja organisasi. Keberadaannya harus diselamatkan dan dikelola secara profesional sesuai dengan kaidah dan ketentuan yang berlaku.

"Permasalahan pengelolaan arsip tidak hanya milik organisasi besar saja, melainkan juga organisasi kecil. Misalnya di organisasi tingkat pemerintahan desa yang memiliki tanggungjawab pelayanan kepada masyarakat. Buruknya pelayanan arsip di desa pasti akan menjadi kendala keterlambatan proses layanan" Kata Yanto M. Asri

Sementara kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Arman Alting dalam laporannya menyatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman tentang pentingnya arsip bagi aparat desa yang meliputi arsip statis dan dinamis, klasifikasi arsip dan inaktif serta penataan arsip dengan baik.

Diklat berlangsung selama 2 (dua) hari dari tanggal 21 hingga 22 Februari dengan menghadirkan pemateri dari Arsip Propinsi Maluku Utara Sumarno, kepala bidang pembinaam dan pengawasan kearsipan DPKD Halmahera Tengah Sry Hartini dan kepala Seksi pelayanan arsip Propinsi Maluku Utara Hj. Irmawati Conoras dengan peserta aparat desa dari Kecamatan Weda dan Weda Selatan.( HumasPro )

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.