Bupati resmikan Pasar Senin Wairoro

Februari 25, 2020

Bertempat di Desa Wairoro Indah Kecamatan Weda Selatan, Bupati Halmahera Tengah Edi Langkara meresmikan pasar Senin Wairoro. Senin (24/2/2020).

Dalam Sambutannya Bupati Edi Langkara berharap agar pembangunan pasar ini akan menggairahkan sektor perdagangan dan mobilitas ekonomi produktivitas masyarakat petani akan semakin baik produktivitas di sektor UKM perdagangan semakin terpadu dan seluruhnya itu akan berdampak pada pendapatan masyarakat semakin bagus khusus kaitan dengan pasar ini.

Bupati juga mengemukakan agar Dinas pertanian dan Dinas perikanan untuk konsentrasi penuh agar seluruh tengkulak yang ada di Halmahera Tengah khususnya yang ada di kota Weda dan sekitarnya datang berbelanja di pasar ini, "hendaknya sentral produksi dan transaksi dipusatkan di pasar rakyat wairoro,agar penting supaya petani harganya bisa dikawal harga produksi.Komediti sayurnya, tomat,rica,bawang dan buah-buahan seperti jeruk terkawal harganya, kemudian padi semuanya kita harapkan terakumulasi di pasar rakyat wairoro" ungkap Bupati.

Diakhir sambutannya Bupati juga menyampaikan bahwa Sentra ekonomi khusus Weda selatan akan tumbuh jika para pengusaha dari luar Halteng seperti dari Gane luar, Gane dalam, Gane timur dapat membeli hasil produksi yang ada di Weda selatan, "Dan Weda selatan akan menjadi sentral ekonomi khusus, perputaran uang akan meningkat dan rakyat sendiri yang akan menikmatinya" kata Edi Langkara

Disela-sela acara Kepala Dinas Perindustrian perdagangan Koperasi dan UKM Ridwan Salidin dalam laporannya menyampaikan bahwa pembangunan Pasar Rakyat Wairoro dengan berbagai fasilitas sebagaimana tersebut yang didanai melalui Dana Tugas Pembantuan (TP) Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara,(APBN),Bidang Pasar Kementrian Perdagangan RI Tahun Anggaran 2018 sebesar Rp.5.750.000.000 (lima Milyar tujuh ratus juta rupiah).

Ridwan Salidin juga mengatakan bahwa Pembangunan Pasar Rakyat Wairoro melalui Kerjasama Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahela Tengah dengan Kementrian Pedagangan RI. Bangunan dengan Iuas 1,312. M2 yang meliputi jumlah Kios sebanyak 12 Unit terletak di depan Bangunan Induk dan untuk Lapak Dalam Gedung sebanyak 135 Meja Jualan, yang diperuntukan bagi pedagang Barito Sayur, ikan dan Daging.

"Dan difasilitasi dengan Kran Air untuk masing masing Meja Jualan serta fasilitas Iain berupa toilet, kantor Pengelola yang terletak di Iantai Atas, satu Ruang Klinik Kesehatan,satu Ruang Mussolah,satu Ruang Tempat Menyusui anak,satu ruangan khusus Colstorage,dua Unit toilet dan Kamar Mandi untuk Wanita dan Pria,satu Bak Penampung Air,”ungkap Ridwan Saliden

Hadir dalam peresmian Wakil Bupati Halmahera Tengah Abd. Rahim Odeyani, FKPD, staf ahli, asisten, pimpinan OPD, Camat, kepala desa dan perangkatnya serta masyarakat Kecamatan Weda Selatan. ( HumasPro)

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.