Bahas pemadaman listrik, Pemda duduk bersama dengan PT. PLN dan PT. IWIP

Februari 28, 2020

Langkah cepat dilakukan oleh Pemerintah Daerah Halmahera Tengah dalam merespon masalah pemadaman Listrik yang terjadi beberapa waktu terakhir di wilayah kabupaten Halmahera Tengah khusunya 5 kecamatan yang ada di weda akibat dari kerusakan dan gangguan mesin milik Perusahan Listrik Negara (PLN) ranting Weda maka pemda Halteng mengundang rapat bersama pihak PT. Indonesia Weda Bay Industrial Park (IWIP) , PT. Perusahan Listrik Negara ( PLN) cabang Sofifi dan PLN ranting Weda untuk mengantisipasi pemadaman tersebut.

Rapat yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Halmahera Tengah Bapak  Abd. Rahim Odeyani didampingi Staf Ahli Bupati Bapak Ridha Saleh, Asisten II Bapak Hi. Basri Botutu S.IP serta dihadiri oleh perwakilan PT. IWIP Bapak Marlon Cs , dan dari PLN cabang sofifi Bapak Yusrisal Cs dan perwakilan PLN ranting Weda serta  Pimpinan OPD terkait. Bertempat di lantai II Ruangan rapat Wakil Bupati Halteng, kamis (27-02-2020)

Dalam penyampaiannya wakil Bupati Halteng Abd. Rahim Odeyani menjelaskan bahwa amanat pembukaan Undang-Undang Dasar Negara RI tahun 1945 yang merupakan konstitusi tertinggi kita bangsa Indonesia dinyatakan secara jelas bahwa Negara melindungi segenap bangsa Indonesia itu belum tercapai sepenuhnya. Sebab listrik yang menjadi kebutuhan dasar masyarakat yang berada di wilayah halteng khusunya  weda secara keseluruhan saat ini masi mengalami pemadaman. Padahal Halmahera Tengah adalah daerah yang di tetapkan menjadi kawasan industri nasional. Sehingga terjadi paradoks atau pertentangan makna disatu sisi halteng ini daerah yang kaya dengan sumber daya alam tapi masyarakatnya masi belum merasakan manfaat yang optimal salah satunya adalah kebutuhan listrik ini. Untuk itu kata wakil bupati atas nama pemerintah daerah saya meminta kepada PT. IWIP dan PLN untuk bantu memikirkan kondisi ini. Apalagi masyarakaat akan menghadapi bulan suci ramadhan.

Rapat ini  menyepakati  tiga  hal :

  1. Skema jangka pendek, pemda halteng meminta kepada PT. IWIP untuk menyuplai listrik di wilayah Kec Weda Tengah dan sekitarnya dimalam hari.
  2. Skema jangka menengah, pemda Halteng meminta kepada pihak PLN untuk menyewa mesin 1 MW
  3. Skema jangka panjang ( 3 s/d 4 bulan kedepan menunggu uji coba power plant milik iwip untuk diberikan ke pemda Halteng  melalui PLN sebesar 5 MW

( HumasPro )

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.