Bupati canangkan hari Kamis sebagai hari pasar Maliforo

Mei 15, 2020

Bupati Halmahera Tengah Drs. Edi Langkara, MH mencanangkan hari pasar Maliforo Desa Maliforo Kecamatan Patani Utara jatuh pada Hari Kamis. Kamis (15/5/2020)

Pencanangan yang bertempat di pasar Maliforo berlangsung cukup hikmad dan meriah dan dihadiri oleh Wakil Bupati Abd. Rahim Odeyani, pimpinan DPRD Kabir Hi.Kahar, Hayun Maneke, asisten bidang ekonomi Husen Hi. Nurdin, beberapa pimpinan OPD, tokoh agama, Tokoh masyarakat serta para pedagang di pasar Maliforo.

 

Bupati Halmahera Tengah dalam sambutannya mengungkapkan bahwa di Maliforo ini terjadi sebuah peristiwa penting dalam sejarah menata ekonomi daerah yaitu dicanangkannya hari Kamis sebagai hari pasar Maliforo.

 

"Kita tetapkan pasar maliforo sebagai pasar di hari kamis untuk kegiatan ekonomi pasar setiap sekali dalam seminggu untuk seluruh kecamatan di wilayah ini" kata Edi Langkara

Bupati juga mengungkapkan pembangunan infrastruktur dalam 2,4 tahun kepemimpinannya dirasakan sebuah keadaan dinamika pembangunan

"Tiada hari tanpa pembangunan, sebagai bukti komitmen elang rahim dalam membangun insfrastruktur wilayah seperti jalan dan jembatan" ungkap Bupati

Setelah pencanangan, Bupati menandatangani prasasti Peresmian pasar Maliforo yang telah diresmikan secara simbolis pada tahun 2019 lalu dan selanjutnya Bupati menyerahkan bantuan pangan beras kepada Camat Patani Utara, Patani, Patani Barat dan Patani Timur untuk didistribusikan di setiap desa yang ada diwilayah Kecamatan masing-masing.

Sementara Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan UKM Ridwan Salidin dalam laporannya menyampaikan bahwa pasar Maliforo dengan luas lahan sebesar 90 x 60 m2 yang terdiri dari kios 11 unit, kantor pengelola 1 unit, lapak untuk pedagang barito, sayur mayur, dan ikan sebanyak 24 lapak. Dan dibiaya melalui  DAU sebesar 1.233.270.000 Milyar, dan DAK sebesar Rp. 997.500.000 pada tahun 2018.

 

Diakhir acara Bupati, Wakil Bupati, pimpinan DPRD, pimpinan OPD dan undangan lainnya meninjau pasar Maliforo.

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.