Bupati Canangkan Budidaya Pangan Lokal

Agustus 18, 2020

Bupati Halmahera Tengah Drs. Edi Langkara. MH didampingi Wakil Bupati Abd. Rahim Odeyani, SH,.MH menghadiri acara pencanangan Budidaya Pangan Lokal Tahun 2020 yang bertempat di Komples Perkantoran KM. 3 Weda, Kegiatan Pengingkatan Pangan Lokal ini diselenggarakan oleh Dinas Ketahanan Pangan ( Disketpang ) Kabupaten Halmahera tengah. Selasa 18/8/2020.


Dalam sambutannya Bupati Menyampaikan bahwa Penyelenggaraan Pangan dilakukan untuk memenuhi kebutuhan dasar manusia yang memberikan manfaat secara adil, merata, dan berkelanjutan berdasarkan UU Nomor 18 tahun 2012 tentang Pangan.

Kabupaten Halmahera Tengah telah melakukan gerakan dalam mendukung ketahanan pangan melalui penanaman pangan lokal yang tersebar di 52 desa dengan pemanfaatan lahan pekarangan dan lahan lainnya, pemanfaatan lahan pekarangan merupakan salah satu upaya dalam menjawab persoalan stunting yang merupakan upaya strategis pemerintah guna mewujudkan sumber daya manusia yang sehat, aktif dan produktif. upaya lnl memerlukan investasi lintas sektor yang terintegrasi baik di tingkat pusat maupun di daerah. Kata Elang

Pengembangan aneka komoditas pangan lokal sebagai pangan alternatif akibat dampak pandemi Covid-19 merupakan tindak lanjut kabupaten halmahera tengah dalam mendukung kebijakan Kementerian Pertanian Republik Indonesia yaitu mengamankan kebutuhan pangan masyarakat.

Dalam Kegiatan ini turut Hadir Kapolres Halmahera Tengah, AKBP. Nico A Setiawan. SIK,.MM, asisten, staf ahli, Ketua/Wakil Ketua TP-PKK, pimpinan OPD lingkup pemda Halteng dan masyarakat.

Dalam pencangan Bupati juga menyerahkan bantuan kepada secara simbolis kepada 7 (tujuh) kelompok budidaya pangan lokal yaitu Telaga Indah dari desa Fidi Jaya, Teluk Solo Sidanga, Usaha Baru Nurweda, Wedana Maji desa Wedana, Karare Indah desa Nusliko dan kelompok Bukit goeng desa Goeng.

Dan untuk kelompok home industri penerima bantuan berupa oven, mixer, dan mesin parut diberikan kepada kelompok Weda lestari dari desa Were, Faduli Nurweda, Hambarana Loleo, Genia Bangun Desa Gemia dan Dua Kembar dari desa Fidi Jaya.

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.