Bupati Edi Langkara Menutup dengan Resmi MTQ-Ke XXVIII tingkat Prov. Malut di Bumi Fagogoru Weda

September 21, 2020

Acara Musabaqah Tilawatil Qur,an ( MTQ ) ke- XXVIII tingkat Provinsi maluku Utara dibumi Fagogoru Weda di tutup secara resmi oleh Bupati Halmahera Tengah Drs. Edi Langkara. MH berjalan lancar dan meriah, bertempat di Pandopo Falcino Weda Halmahera Tengah. (20/9/2020)

 

Dalam sambutannya, Tak terasa lima hari sudah kita bertemu dalam sebuah majelis yang mubarakah untuk menuntaskan hajat kita melafalkan kandungan Alquran dengan penuh suka cita.Lima hari sudah, lantunan ayat-ayat Allah bergema di langit negeri ini. Musabaqah yang telah dilangsungkan ini bukan sekedar sebuah kompetisi biasa. Bukan sekedar adu ketangkasan dan keahlian memainkan irama bacaan. Tetapi lebih dari itu, Musabaqah ini harus menjadi media untuk membumikan nilai-nilai Quran sehingga benar-benar bermahkota didalam dada setiap insan. Musabaqah harus berdampak positif terhadap upaya membangun spirit hidup bersendikan nilai-nilai Quran di tengah masyarakat. Musabaqah Tilawatil Quran ke 28 Provinsi Maluku Utara di Bumi Fagogoru, Weda, telah sukses kita selenggarakan. Oleh karena itu, pada kesempatan yang berbahagia ini, Saya atas nama Pemerintah dan Rakyat Negeri Fagogoru Halmahera Tengah menyampaikan penghargaan dan apresiasi yang tinggi kepada seluruh peserta, para ketua rombongan, Pemerintah Provinsi Maluku Utara, para kepala Daerah se Provinsi Maluku Utara, Pimpinan dan pengurus LPTQ Provinsi Maluku Utara, LPTQ Kabupaten Halmahera Tengah, Panitia pelaksana MTQ provinsi Maluku Utara, Panitia MTQ Daerah Halmahera Tengah, Para Dewan Hakim Musabaqah serta semua pihak yang telah bekerja keras, bekerja sama bahu membahu untuk kelancaran kegiatan MTQ ini.

 

Saya juga ucapkan selamat kepada para juara yang telah ditetapkan oleh dewan hakim. Terus berlatih, asah terus kemampuan dan pemahaman membaca Alquran sehingga mampu berkompetisi di level yang Iebih tinggi baik di tingkat nasional bahkan insya Allah di tingkat Intemasional. 

Negeri ini punya sejarah Iampau yang gemilang dalam hal keagamaan. Sejarah telah mencatat bahwa tradisi membumikan nilai-nilai Quran ini, telah dipelopori oleh pendahulu kita melembaga di negeri ini. Aktifitas membaca Alquran setiap habis magrib di rumah-rumah, Surau, Mushallah dan Masjid adalah tradisi yang sudah lama dilakukan oleh pendahulu kita.

Filosofi yang terkandung dalam pesan Ieluhur yang kita kenal dengan FAGOGORU dalam semboyan masyarakat di Halmahera Tengah atau MARIMOI NGONE FUTURU di Provinsi Maluku Utara adalah konsep kesemestaan yang dirumuskan dengan bersandar kepada nilai-nilai Kitabullah. Negeri ini punya tokoh pelopor madrasah Alquran seperti Qadhi Abdussalam beserta anaknya Abdullah bin Qadhi Abdussalam atau yang dikenal sebagai Tuan Guru yang dibuang ke Cap Town Afrika Selatan.

Negeri ini juga punya tokoh H. Salahuddin yang istiqamah dengan nilai-nilai kebenaran Quran. Untuk itu, sudah sepantasanya semangat dan cita-cita pendahulu ini kita bangkitkan kembali sebagai sebuah bentuk aktualisasi hasil penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Quran ke 28. Sehingga semangat membumikan Alquran melalui penyelenggaraan hajatan ini,benar-benar terwujud.

Berdasarkan pandangan yang telah saya sampaikan di atas, maka sebelum mengakhiri sambutan ini, dengan mempertimbangkan kesinambungan semangat yang telah kita gagas dalam Musabaqah, maka dimalam yang mubarakah ini, Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim saya atas nama Pemerintah dan Rakyat Bumi Fagogoru, Mencanangkan Program GEMA MENGAJI (Gerakan Magrib Mengaji) di Kabupaten Halmahera Tengah.

 

Sementara itu Ketua Panitia Wakil Bupati Halmahera Tengah Abd. Rahim Odeyani menyampaikan laporan pelaksanaan kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran ke 28 Provinsi Maluku Utara tahun 2020, di Bumi Fagogoru, Weda sebagal berikut, bahwa secara umum, seluruh rangkaian kegiatan telah terlaksanan dengan baik dan lancar, sejak pembukaan hingga pelaksanaan kegiatan lomba masing-masing cabang Musabaqah.

 

Atas nama panitia daerah, kami yakin dan percaya bahwa keputusan dewan hakim adalah keputusan terbaik yang dapat dipertanggungjawabkan dari aspek kualitas demi membawa nama baik provinsi Maluku Utara pada ajang musabaqah di level Nasional.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami atas nama Panitia Daerah Kabupaten Halmahera Tengah selaku tuan rumah mengucapkan terima kasih kepada, Gubemur Maluku Utara, yang telah menetapkan Kabupaten Halmahera Tengah sebagai Tuan rumah penyelenggaraan MTQ ke 28 tingkat Provinsi Maluku Utara tahun 2020.

 

Bupati Halmahera Tengah yang telah mempercayakan kami dalam mengorganisir seluruh rangkaian kegiatan Musabaqah ini, kepada Seluruh Kepala Daerah Kabupaten/Kota se Provinsi Maluku Utara atas partisipasinya mengirimkan peserta yang akan berkompetisi dalam setiap cabang Musabaqah .Kepada Panitia Provinsi, teristimewa seluruh Panitia Daerah Kabupaten Halmahera Tengah, yang telah bekerja dalam kurun waktu kurang Iebih dua bulan, untuk mempersiapkan seluruh rangkaian acara, dan kebutuhan materil terkait kegiatan dari mulai pembukaan hingga pada acara penutupan malam ini.

Akhimya, atas nama Panitia Daerah, kami sampaikan permohonan maaf kepada semua pihak baik peserta maupun undangan, sekiranya dalam persiapan, pelayanan hingga penyelenggaraan Keglatan ini terdapat kekurangan, baik di sengaja ataupun tidak disengaja Kami panitia daerah, telah berupaya maksimal untuk menyuguhkan yang terbaik bagi seluruh kafilah, seluruh tamu undangan serta masyarakat Maluku Utara secara keseluruhan.

 

Dari mimbar yang terhormat ini, kami ucapkan selamat jalan kepada kafilah yang akan kembali ke daerah asal. Harapan kami, seluruh kafilah dan hadirin sekalian yang akan meninggalkan kota Weda dan kembali ke daerahnya masing-masing dengan dapat membawa cerita dan kesan yang baik tentang daerah kami, tentang masyarakat kami.

Karena kami benar-benar tulus dan ikhlas melayani dan menjalin silaturahim dengan bapak ibu sekalian dengan bersandar pada pesan leluhur kami faisiling, faisayang re fagogoru. 

 

Lanjut Bupati Edi Langkara, Pencanangan Program Gerakan Magrib Mangaji ini sengaja diluncurkan bersamaan dengan momentum MTQ ke XXVIII tahun 2020 di Bumi Fagogoru Kota Weda agar nilai dan semangat MTQ yang begini megah untuk ukuran ditingkat propinsi, begitu berakhir begitu saja tetapi tetap ditindak lanjut melalul program yang berkelanjutan.

 

Selain itu,program gerakan Magrib mengaji ini juga bisa menjadi warisan  yang positif dan membawa sendiri bagi warga masyarakat khususnya anak-anak negeri Fagogoru dikemudian hari bahwa ia pernah merasakan dan melewati masa kecilnya dengan mengaji Alquran  terutama disaat maghrib, seperti yang dialami orang tuanya dulu.

 

Untuk itu, melalui mimbar yang terhormat ini saya sampaikan kepada seluruh pemangku kepentingan dalam lingkup pemerintah Kabupaten Halmahera Tengah (para pimpinan OPD, Para Camat, para Kepala Desa, Kepala Sekolah dan Guru) bahwa ini adalah program prioritas saya selaku Kepala Daerah yang bertujuan untuk membudayakan kembali tradisi membaca Al-Quran di kalangan masyarakat negeri Fagogoru menuju generasi Qurani. dan oleh karena itu saya wajibkan seluruh pemangku kepentingan untuk mensukseskan program ini.

 

Mari kita galang Gerakan Magrib Mengaji menuju kebangkitan ERA Generasi Qurani untuk masa depan negeri Fagogoru yang Balidatun Taubatun wa Rabbun Gafur. Dengan mengucapkan alhamdulilah hirabil Al-Amin saya tutup acara penutupan MTQ ke XXVIII tingkat propinsi Malut dibumi fagogoru Weda.( tutup )

 

Turut Hadir,  Staf Ahli Gubernur, Ketua DPRD Provinsi Malut, Forkopimda Prov. Malut, Forkopimda Kab. Halteng, yang Mewakili Bupati/Walikota se Prov. Maluku Utara, Kakanwil Kemenag Provinsi Malut, dan Dewan Hakim Prov. Maluku Utara.

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.