Bupati Tatap Muka Dan Penyerahakan Bantuan Dipulau Gebe

Oktober 13, 2020

Penyerahan bantuan ekonomi produktif dampak covid – 19 tahap I tahun 2020 oleh Dinas perikanan ,Disperidagkop dan ketahanan pangan kabupaten Halmahera Tengah (Halteng) kepada penerima manfaat yang berada  dikecamatan pulau Gebe diserahkan oleh Bupati  Edi Langkara bertempat didesa Kapaleo. Gebe(11/10/2020) 

Bupati dalam sambutannya mengatakan  penyerahan bantuan ekonomi produktif covid 19 tahap I tahun 2020  oleh DINAS perindagkop, Dinas perikanan dan Dinas ketahanan pangan dan Dinas perhubungan, Saya percaya bahwa kegiatan seperti ini, tidak hanya rangkaian kegiatan serimonial belaka, namun lebih dari itu kegiatan seperti ini, setidaknya dapat dijadikan momentum untuk mengopitimilisasi  dan meningkatkan kapasitas masyarakat, dalam pemanfaatan sumberdaya lokal yang kita miliki.

 

Wabah virus corona (covid-19) menghantam berbagai sendi kehidupan termasuk kegiatan ekonomi, yang imbasnya membuat masyarakat mengalami penurunan produktifias kerja dan  pendapatan. Pemda telah membuat kebijakan relokasi Dana  refocusing  APBD tahun 2020 untuk penanganan kesehatan, bantuan sosial dan ekonomi. 

Khusus bidang ekonomi, Pemda telah mengalokasikan anggaran sektor ekonomi produktif tahap I sebesar 7.6 milyar melalui dinas perindagkop, dinas perikanan, dinas pertanian, dinas pariwisata dan dinas ketahanan pangan tahun 2020.

 

Jumlah keseluruhan kelompok penerima bantuan ekonomi  produktif adalah 221 kelompok yang tersebar di 10 kecamatan. Saya sungguh berharap melalui momen hari ini kita bisa berkomitmen untuk mendukung dan membantu kelompok bidang perindagkop, perikanan dan ketahanan pangan di kabupaten Halteng mandiri.

 

“Sesuai tujuan dan sasaran yang diharapkan pada misi bupati dan wakil bupati tahun ke tiga yakni “mengembangan potensi  pemberdaya alam dan menciptakan iklim investasi,”harapnya.

 

 

Sementara Itu Kepala Bapelitbangda Halmahera Tengah Salim Kamaluddin dalam Penyampaian Kegiatan ini adalah Tujuan memfasilitasi sarana Perikanan tangkap, budidaya dan pengelolaan/pemasaran untuk meningkatkan produktifitas,  sarana dan prasarana IKM/Home industri, sarana prasarana petani tanaman pangan untuk meningkatkan produktifitas, peningkatan SDM melalui penyuluhan dan pendampingan berkelanjutan.

 

Lanjut Salim,program Ekonomi Produktif Dampak Covid 19 Tahap I Tahun 2020 Kelompok sasaran program Ekonomi dampak Covid tahap I tahun 2020 , khusus pulau Gebe dinas perikanan total kelompok penerima 4 kelompok dan sasaran langsung 18 kelompok.

 

Dinas Perindagkop Total Kelompok Penerima 11 kelompok dan sasaran langsung 55 orang. Dinas ketahanan pangan total kelompok penerima 6 kelompok dan sasaran langsung 66 orang (66 hamparan kebun). Dinas perhubungan total kelompok 1 dan sasaran langsung 4 orang.

 

 

Lanjut Bupati Dengan adanya bantuan tersebut, kelompok penerima bantuan dapat memanfaatkan bantuan yang telah diterima secara bersama-sama dengan anggota kelompoknya dan dapat pergunakan dengan sebaik-baiknya.

 

“Kemajuan dan produktivitas usaha, sehingga mampu memproduksi bahan pangan untuk kebutuhan keluarga dan masyarakat. harapan lainnya pasar yang telah terbangun di beberapa tempat bisa dijadikan tempat jual beli untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah. ( tutup )

 

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.