Wabup Hadiri Sidang paripurna DPRD Tentang Penyampaian Nota Kesepakatan kebijakan Umum APBD dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara ( KUA-PPAS ) Tahun Anggaran 2021

Oktober 22, 2020

Wakil Bupati Abd. Rahim Odeyani, SH., MH membacakan Sambutan Bupati Halmahera Tengah Dalam rangka Penandatanganan Nota Kesepakatan  kebijakan Umum APBD dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara ( KUA-PPAS ) Tahun Anggaran 2021, pada rapat paripurna ke 10 Masa persidangan 1 Tahun 2020 – 2021. Bertempat di Ruang Sidang DPRD Halteng. 

Abd. Rahim Odeyani dalam Penyampaiannya Penyusunan kebijakan Umum anggaran pendapatan dan belanja daerah serta prioritas dan plafon aggaran sementara APBD Tahun 2021 kabupaten Halmahera tengah, didasarkan pada Rencana kerja Pemerintah Daerah (RKPD) tahun 2021 yang merupakan penjabaran RPJMD tahun ke Tiga guna pencapaian Visi dan Misi Bupati dan Wakil Bupati Halmahera Tengah periode 2017- 2022. Berkaitan dengan hal tersebut, maka substansi Kebijakan Umum Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (KUA) tahun 2021 dimaksudkan untuk mengejar target-target pembangunan atau capaian keberhasilan serta diharapkan dapat mengembangkan potensi dan mengatasi permasalahan yang dihadapi saat ini.

Kebijakan Umum Anggaran tahun 2021 secara substansi memuat hal sebagai berikut :

 

1. Meningkatkan kualitas Mutu pendidikan melalui reformasi pendidikan dan kerjasama dengan perguruan tinggi untuk meningkatkan mutu Guru dari PGSD ke S1, serta S1 ke S2, bantuan Biaya pendidikan untuk kedokteran dan bantuan awal studi dan akhir studi yang tetap berjalan Menuju knowledge economy.

 

2. Meningkatkan Kualitas pelayanan kesehatan di RSUD maupun Puskesmas melalui penguatan sistem kesehatan dan Health security preparedness, penyediaan obatobatan, melakukan indentifikasi penyakit dan langkah pencegahan serta pengobatan, penguatan SOP pelayanan, menghadirkan tenaga dokter spesialis, hibah BPJS serta program penguatan Kesehatan Ibu Anak dan stunting .

 

3. Penguatan ekonomi masyarakat melalui pemberian bantuan ke Petani, nelayan, UKM dan Koperasi serta IKM/Home industry maupun hibah lainnya, Serta Penyelesaian Program Multiyear yang perlu di tuntaskan dan penataan terkait dengan pembangunan kawasan Kota Weda sebagai pusat Pemerintahan.

 

4. Peningkatan konektivitas daerah dan tol laut serta pemantauan harga pasar untuk menekan biaya tinggi,  serta penyediaan kebutuhan dasar masyarakat perumahan, instalasi sumber air bersih dan sanitasi.

 

5. Optimalisasi dan inovasi sumber-sumber penerimaan daerah terutama pada sektor-sektor ekonomi yang berbasis berkelanjutan atau Sustainable Development Goals.

 

Selain itu Penyusunan kebijakan umum anggaran pendapatan dan Belanja daerah serta prioritas dan plafon anggaran sementara APBD Tahun anggaran 2021 juga mempertimbangkan aspek-aspek yang lebih luas, diantaranya perubahan asumsi makro APBN 2021 dan kebijakan Nasional lainya serta program dan kebijakan strategis daerah yang belum tertuang dalam APBD 2020. Hal tersebut berkonsekwensi terjadi perubahan asumsi dalam APBD yang tertuang dalam kebijakan Umum APBD serta pada alokasi pagu anggaran yang dilaksanakan oleh SKPD. Perubahan alokasi tersebut tertuang dalam prioritas dan plafon Anggaran Sementara APBD Kabupaten Halmahera Tengah tahun 2021.

Berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku program kegiatan pembangunan daerah tahun 2021 harus memperoleh persetujuan DPRD melalu penandatanganan nota kesepahaman KUA-PPAS. Oleh karena itu, melalui kesempatan ini saya berharap kita dapat melaksanakan seluruh tahapan ini dengan baik demi kemajuan daerah ini. 

Dokumen KUA-PPAS ini semaksimal mungkin dapat menampung berbagai program yang manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan publik, dan keberpihakan pemerintah daerah pada peningkatan kesejahteraan masyarakat serta mencerminkan pemerataan pembagunan di Wilayah Kabupaten Halmahera Tengah yang kita cintai, namun demikian belum semua keinginan baik kita dapat terakomodir dalam KUA-PPAS tahun 2021, hal ini disebabakan karena keterbatasan anggaran dalam APBD kita

 

Dihadapan forum yang terhormat ini, saya berharap agar dokumen yang telah disepakati bersama dapat menjadi acuan dalam menyusun Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah ( APBD ) kabupaten Halanera tengah tahun anggran 2021 yang lebih berkwalitas dan berpihak kepada kepentingan daerah dan kesejahteraan masyarakat tanpa membeda-bedakan suku agama dan golongan sehingga cita-cita kesejahteraan yang terdapat dalam visi Halmahera Tengah  maju sejahtera berlandasakan Falsafah Fagogoru dapat kita raih secara Bersama-sama. ( Tutup )

 

Tutur Hadir, Ketua dan Wakil Ketua DPRD Halteng, Sekda Halteng, Pimpinan OPD dan Esselon III, IV Pemda Halteng.

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.