Bupati Edi Langkara Meresmikan Ekowisata Nusliku Park.

Oktober 27, 2020

Bupati Halmahera Tengah Edi Langkara yang didampingi Wakil Bupati Abd Rahim Odeyani Menghadiri Acara Peresmian Opening Ekowisata Nusliko Park dan Pencanangan Jaringan 4G di Desa Sagea dan Desa Gemaf secra virtual ,  Bertempat di Desa Nusliko. Weda ( 26/10/2020 ).

Bupati Dalam Sambutannya Menghadirkan destinasi wisata yang representatif dengan keuangulan di daerah ini adalah obsesi saya sejak lama dan pengembangan objek dayatarik wisata khususnya di kawasan talaga Yone Wlolo atau Nusliku park ini adalah salah satu prioritas yang telah tergambar dalam dokumen perencanaan daerah yang termasuk dalam rencana detail pengembangan kawasan ini secara berlanjut.

Dari aspek pengembangan wisata Kawasan ini adalah Kawasan yang representatif karna memiliki variable yang lengkap baik dari ketersediaan potensi alamnya historis maupun sosial budaya, Kawasan telaga nusliku secara mitologis dan historis adalah sebuah kampung Tua para leluhur yang dibuktikan dengan keberadaaan beberapa tempat yang di keramatkan oleh masyarkat, dan sering di kunjungi Oleh sejumlah Orang.

 

Selain itu Kawasan Ini juga Memiliki Ekosistim  Magrove yang padat dan Beragam dengan Bentukan Landscape Alam yang unik dan menarik. semangat membangun sebuah taman ekologis yang lengkap dengan daya dukung serta daya tampungnya, dengan posisi yang dekat dengan ibu kota kabupaten, Nusliku Park dengan Variabel Variabel wisata yang saya sebutkan tadi adalah dengan mempertimbangkan aspek branding dan Tourisme maka Kawasan ini kami beri nama dengan Ekowisata Nusliku Park.

 

Sejak dilantik Kawasan ini yang memiliki aktraksi ini kemudian kami genjot pembangunannya untuk melengkapi Amenitas dan Aksesibilitas. Kawasan, Pada tahun 2018, pembangunan infrastruktur kawasan ini mulai kami bangun, karena obsesi saya menghadirkan infrastruktur kawasan wisata yang lengkap maka pembangunan kawasan ini tidak hanya menjadi tanggung jawab Dinas Kebudayaan dan Pariwisata saja , tapi dikeroyok oleh beberapa OPD.

  

Sejak mulai dibangun, Saya beberapa kali berkunjung dan memantau mobilitas pengunjung di kawasan ini, dengan Amenitas yang belum lengkap saja, pada waktu libur, pengunjung bisa mencapai 100 hingga 200 orang per hari. Saya lalu berpikir kenapa tidak segera diberlakukan retribusi agar berdampak pada pendapatan daerah.

 

Dengan dasar pikir ini, dirinya berulang kali memerintahkan Kadis Budpar Halteng agar segera menetapkan tanggal peresmian dengan sistem pengelolaan berbasis teknologi informasi. Selain itu kerjasama dengan pihak perbankan juga harus dilakukan untuk memenuhi salah satu indikator kinerja utama dalam RPJMD, yaitu mengupayakan transaski non tunai dan berbasis elektronik untuk mendukung upaya pencegahan korupsi.

 

Alhamdulillah hari ini kita memulai kerja sama e- Retribusi di kawasan Nusliko park bekerjasama dengan BNI Cabang Ternate yang saya beri nama Nusliko ERA atau Nusliko Elektronic Retribution cArd. Ini adalah entri point untuk OPD lain agar segera berinovasi untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah ( PAD ).

 

 

Pada acara yang sama Bupati dan Wakil Bupati Menyerahkan bantuan Penguatan Ekonomi dalam Bentuk Tabungan Usaha Ekonomi Kratif ( TU ERA ), Penyerahan secara simbolis Bantuan Kios ERA ( Kios Ekonomi Kreatif ), Lounchin Geowisata Halmahera Tengah,  dan selanjutnya Bupati dan Wakil bupati mencoba melakukan VideoCall dengan Sekretaris camat Weda Utara untuk mencoba Jaringan Telekomunikasi 4G yang telah selasai pekerjaannya di Desa Sagea dan Desa Gemaf.

 

Peresmian Nusliku Park ditandai dengan Penandatangani  Prasasti  oleh Bupati Halmahera Tengah, dan Pelepasan Balon Udara dan acara Hiburan Budaya Daerah.

 

 

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.