TIM Penggerak PKK Kab. Halteng Kembali Melakukan Lomba 10 Program PKK seKecamatan.

November 23, 2020

Dalam rangka meningkatkan Pembinaan dan kinerja PKK Kecamatan dan PKK Desa Tim Pemberdayaan Dan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Halmahera Tengah melaksanakan Lomba 10 Program PKK, Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Nusliku Kec. Weda berjalan Lancar. 23/11/2020

 

Sambutan Tertulis Bupati Halmahera Tengah Edi Langkara yang dibacakan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Drs Rustam Mengatakan Sebagaimana kita ketahui bersama gerakan Pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga (PKK ) adalah gerakan nasional dama pembangunan masyarakat ,yang tumbuh dari bawah, yang pengelolaan dari ,oleh dan untuk masyarakat, menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, berahlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahterah , maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender, serta kesadaran hukum dan lingkungan. yang saya sebut diatas adalah program unggulan pkk yang dijabarkan dalam 10 program pokok pkk yang menyentuh semua sendi kehidupan manusia, mulai dari pokja 1, 2 ,3 dan 4.;

 

 

Kita tahu bersama, sangat banyak kegiatan yang ada di PKK yang bersentuhan langsung dengan masyarakat serta dalam peningkatan ekononi keluarga, pembinaan mental maupun spritual bagi anak-anak dan keluarga .Oleh sebab itu saya berharap kepada PKK sebagai mitra pemerintah tentunya dapat terus memberikan yang terbaik dalam peningkatan pembangunan keluarga. Karena melalui pembinaan langsung kepada  masyarakat dan keluarga desa, telah  dapat membantu pemerintah kabupaten halmahera tengah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

 

Perwujudan pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat akan menciptakan genersasi yang cerdas dan kesejahteraan masyarakat, apabila PKK berani melakukan perubahan yang di awali dari masing -masing keluarga. Beragam persoalan yang di hadapi dari tahun ke tahun selalu berbeda, sejalan dengan perkembangan waktu. Ini merupakan tantangan tersendiri yang harus di cermati secara cepat dan tepat oleh tim penggerak PKK di semua tingkat kepengurusan.

 

Untuk itu tugas tim penggerak PKK harus di dukung oleh seluruh stakeholder, terutama SKPD terkait, pemerintah desa, kecamatan maupun masyarakat luas, dengan mengalokasikan sebagian dana untuk kegiatan / program PKK kedalam APBD maupun APBDes.

 

Tim penggerak PKK saat ini perannya sebagai motivator , fasilitator, dan penggerak sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. oleh karena itu, peran PKK selalu selaras dan sesuai dengan perkembangan kebutuhan masyarakat yang Terus meningkat. Saat ini dengan dengan adanya wabah pandemi covid 19 , maka lomba 10 program pokok PKK disesuaikan dengan kondisi yang ada, dalam artian bahwa masyarakat tetap beraktivitas seperti blasa, namun tetap menerapkan protokol Kesehatan.

Selanjutnya dengan isu Stunting yang mana kabupaten Halmahera Tengah menjadi lokus pada tahun 2021 di propinsi Maluku Utara, maka saya harapkan kegiatan pencegahan dan penanggulangan stunting menjadi perhatian serius untuk semua desa, dengan dialokasikan Dana Desa , serta bekeria sama dengan tim penggerak PKK.

 

 

Terpisah Ketua TIM PKK Halteng Amriah Edi Langkara Dapi ,dalam amanatnya  Sebagaimana kita ketahui bersama bahwa lomba 10 program pokok PKK merupakan program pemerintah yang sifatnya berjenjang dan tahunan. ini berarti bahwa lomba ini selalu dilaksanakan pada setiap tahun dari mulai lomba 10 program pkk tingkat desa sampai lomba 10 program tingkat Nasional.

 

Dengan tujuan diadakan lomba ini adalah melihat secara dekat pelaksanaan 10 program pokok PKK di tingkat desa. Baik berupa program yang telah dikerjakan, permasalahan yang di hadapi, solusi pemecahan atas permasalahan tersebut, serta prestasi yang di raih selama satu tahun yang lalu,”ungkap Djamila M Asri Komdan SH saat membacakan sambutan.

 

Penilaian seperti ini, biasanya masing-masing desa berupaya menonjolkan kelebihan di bidang masing - masing, seperti administrasi, program pokja I, yakni pola asuh anak dan remaja, kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang di tampilkan dengan permainan simulasi. Program pokja II dengan menyajikan aneka macam olahan dari berbagai hasil bumi dengan kemasan yang menarik serta sajian makanan bergisi berimbang sehat dan aman, yang di buat oleh kelompok UP2K.

 

 

Program Pokja III, pemanfaatan tanah dan pekarangan serta tamanan obat keluarga yang biasa kita sebut hatinya PKK, dengan program unggulan yakni kebun percontohan PKK, program pokja IV yakni pelayanan posyandu dan kader PKK. perlu saya sampai di sini bahwa penilaian lomba ini bukan untuk mencari-cari kekurangan, tapi lebih kepada upaya peningkatan kinerja PKK selaku mitra pemerintah kecamatan dalam upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat.

 

Untuk itu dalam kesempatan yang berbahagia ini, saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh masyarakat Desa Nusliko Kecamatan Weda atas keikut sertaan sebagai peserta lomba 10 program pokok pkk tahun ini;

 

Selanjutnya, saat ini dunia dilanda wabah pandemi covid-19 tak terkecuali di daerah kita ini, saya mengajak kepada seluruh masyarakat agar tetap patuhi penerapan protokol kesehatan selama beraktivi’tas di luar rumah, selalu biasakan jaga jarak, pakai masker dan cuci tangan di air mengalir.

 

Untuk itu melalui kegiatan lomba ini, kami rangkaikan dengan kegiatan sosialisasi tentang perilaku hidup sehat dan bersih dan sosialisasi tentang kebersihan diri dan penampilan di zaman digital saat ini informasi mudah di dapatkan bagi mereka yang mempunyai akses, akan dengan mudah merubah kebiasaan yang buruk dengan yang baik, Namun Bagi Yang Tidak Memiliki akses biasanya mereka terjebak dalam ketidaktahuan, sehingga kadang perilaku yang biasa di lakukan sehari – hari ternyata membawa resiko besar atas kesehatan dirinya;.

 

Oleh karena itu, tim kami bekerjasama dengan Dinas kesehatan akan melakukan pelayanan kesehatan dasar kepada masyarakat Desa Nusliko.Tim penggerak PKK Kabupaten Halteng, mengadakan pengobatan gratis bagi masyarakat dan memberi bantuan kepada lansia yang berada di desa Nusliko

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.