Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil

KEDUDUKAN, TUGAS DAN FUNGSI

  • Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil adalah unsur pelaksana otonomi daerah yang dipimpin oleh seorang kepala dinas yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah ;
  • Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mempunyai tugas melaksanakan urusan pemerintahan daerah di bidang administrasi kependudukan ;
  • Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menyelenggarakan fungsi :
  1. Penyusunan rencana strategis dan rencana kerja di bidang perpustakaan arsip daerah berdasarkan rencana daya
  2. Penyusunan program dan anggaran
  3. Pengelolaan keuangan
  4. Pengelolaan perlengkapan urusan tata usaha rumah tangga dan barang milik negara
  5. Pengelolaan urusan ASN
  6. Penyusunan perencanaan di bidang pendaftaran penduduk pencatatan sipil pengelolaan informasi administrasi kependudukan kerjasama administrasi kependudukan pemanfaatan data dan dokumen kependudukan serta inovasi pelayanan administrasi kependudukan
  7. Perumusan kebijakan teknis dibidang pendaftaran penduduk dan Catatan Sipil pengelola informasi administrasi kependudukan kerjasama pemanfaatan data dan dokumen kependudukan serta inovasi pelayanan administrasi kependudukan
  8. Pelaksanaan pelayanan pendaftaran penduduk
  9. Pelaksanaan pelayanan pencatatan sipil
  10. Pelaksanaan pengelolaan informasi administrasi kependudukan
  11. Pelaksanaan kerjasama administrasi kependudukan
  12. Pelaksanaan pemanfaatan data dan dokumen kependudukan
  13. Pelaksanaan inovasi pelayanan administrasi kependudukan
  14. Pembinaan koordinasi pengendalian bidang administrasi kependudukan
  15. Pelaksanaan kegiatan penatausahaan dinas kependudukan dan pencatatan sipil
  16. Pelaksanaan tugas-tugas lainnya yang diberikan oleh bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

SUSUNAN ORGANISASI

  • Kepala Dinas
  • Sekretariat
  • Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk
  • Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil
  • Bidang PIAK dan Pemanfaatan Data
  • UPTD