Sekda Membuka Kegiatan Pembinaan Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan

Sekda Membuka Kegiatan Pembinaan Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan

Sekretaris Daerah Halmahera Tengah Yanto M. Asri Membuka dengan Resmi Kegiatan Pembinaan Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan Bagi Usaha Pengolahan dan Pemasaran Skala Mikro Kecil Tingkat Kabupaten Halmahera Tengah Tahun Anggaran 2021 yang diselenggarakan oleh Dinas Perikanan Kabupaten Halmahera Tengah di Aula Dinas Perikanan. Weda, (29/07/2021)

Dalam sambutan tertulis Bupati Halmahera Tengah yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah menyampaikan bahwa sumber daya kelautan dan perikanan merupakan salah satu potensi unggulan komparatif dan kompetitif untuk menggerakkan perekonomian daerah.

“Potensi ini harus dimanfaatkan dan dikembangkan khususnya budidaya air tawar maupun sistem KJA ( Air Laut) sebab upaya ini dilakukan untuk mendorong peningkatan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat serta Pendapatan Asli Daerah (PAD) Halmahera Tengah.” Tutur Yanto M. Asri

Sekda juga menyampaikan bahwa Pengaturan terkait persyaratan jaminan mutu dan keamanan hasil perikanan terdapat dalam Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor KEP.S2A/KEPMEN-KP/2013 tentang Persyaratan Jaminan Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan pada Proses Produksi Pengolahan dan Distribusi.

Yanto M. Asri berharap dengan adanya kegiatan pembinaan mutu dan keamanan hasil perikanan bagi usaha pengolahan dan pemasaran skala mikro kecil Ini dapat mengawasi penggunaan bahan berbahaya pada hasil perikanan sehingga mampu memberikan manfaat serta memberdayakan masyarakat dalam meningkatkan kesejahteraan keluarganya.

Dalam kesempatan yang sama Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Mufti Abdul Murhum S.Pi, M.P melaporkan bahwa perserta sebanyak 19 kelompok pengolah produk perikanan dari 7 kecamatan yang mengikuti kegiatan ini dengan menghadirkan Narasumber Rovina Andriani, S.St. Pi, M.P, Dosen Program Studi Budidaya dan Perairan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Khairun Ternate.

 

Di sela-Sela Acara Sekda Memberikan bantuan Home industri kepada pelaku Usaha Mikro kecil perikanan Juharia salasa dari Bobane indah Panbar & Hajar Markabu dari Desa Patani/Shif Berupa Kompor,Blender, dan Bantuan Lainnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *