Wabup buka rangkaian kegiatan lomba dalam HUT HAL-TENG

Wabup buka rangkaian kegiatan lomba dalam HUT HAL-TENG

Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun ke -31 Kabupaten Halmahera Tengah, Pemerintah Daerah melalui Panitia Pelaksana membuka serangkaian kegiatan dan lomba bertempat di Taman Milenial Fagogoru, Senin (18/10/2021).

Kegiatan dibuka secara langsung oleh Wakil Bupati Halmahera Tengah Abd. Rahim Odeyani, S.H., M.H., ditandai dengan penekanan tombol sirine yang didampingi Forkopimda, Wakil Ketua II dan Sekertaris Daerah.

Dengan mengusung tema “Tiga Negeri Satu Fagogoru” kegiatan dalam bingkai Harmoni Budaya ini mengikutsertakan beberapa mata lomba diantaranya olahraga, kesenian, permainan tradisional dan kebersihan lingkungan.

 

Wakil Bupati Abd. Rahim Odeyani, S.H., M.H., dalam sambutannya menyampaikan bahwa menghadirkan kegiatan seperti ini ditengah-tengah masyarakat adalah kewajiban pemerintah sebagai bentuk tanggung jawab untuk memfasilitasi penyediaan ruang bagi penyaluran kreatifitas generasi muda dan pelaku seni – budaya di daerah.

Untuk itu Wakil Bupati berharap agar ruang ini tidak digunakan sekedar ajang perlombaan semata, tetapi dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh seluruh komunitas pecinta seni dan budaya negeri ini untuk menggali, mengekspresikan, mengembangkan dan melestarikan potensi-potensi seni dan budaya daerah.

 

Sementara itu, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Hamka Mujuddin, S.H., selaku Ketua Panitia melaporkan bahwa dari beberapa mata lomba tersebut, untuk olahraga terdiri dari lomba bola voli putra dan putri, dayung antar kecamatan, lomba domino dan catur utusan 4 besar dari 10 Kecamatan. Untuk lomba kesenian terdiri dari tarian lalayon, samra, tarian cakalele, dan yanger (musik tradisional). Adapun lomba permainan tradisional terdiri dari permainan SEM, Kasti, Genom, dan Permainan Leo. Dan yang terakhir adalah lomba kebersihan lingkungan antar lingkungan dalam kota Weda.

Acara pembukaan yang menampilkan tarian Bon Mayo dan cakalele serta teatrikal puisi ini turut dihadiri oleh Wakil Ketua TP-PKK, para Asisten dan Staf Ahli, Para Pimpinan OPD di Lingkup Pemda Halmahera Tengah, Kepala Balai Cagar Budaya Maluku Utara, Ketua MUI Halmahera Tengah, Ketua Persit Candra Kirana, Ketua Bhayangkari, Para Camat dan Tamu Undangan Lainnya.

 

Disela acara juga di rangkaikan dengan pemberian cenderamata oleh Pemuda adat untuk Wakil Bupati Halmahera Tengah, Camat Weda, Manajemen PT. IWIP, dan Ketua Sanggar Kabata.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *